google3394c6c8fadba720.html Vitamin B5 (Panthotenic Acid) ~ KUNCUP BIO
SELAMAT DATANG DI TAUFIK ARDIYANTO'S BLOG

Minggu, 11 Maret 2012

Vitamin B5 (Panthotenic Acid)

B5 mudah rusak oleh asam (misal cuka) dan alkali (misal soda api). Panas kering seperti pemanasan, proses memasak juga menghancurkan sebagian besar kandungan vitamin B5 pada makanan. Lebih dari 50 % kandungan vitamin B5 pada gandum bisa hilang pada proses penggilingan. Pada daging yang dimasak, vitamin B5 hilang sekitar 30%-40%. Pada unggas dan ikan yang dibekukan, B5 berkurang sekitar 70%. Begitu juga pada polong-polongan yang di kalengkan, berkurang sampai 80 %.


Fungsi :
Vitamin B5 juga dikenali sebagai "vitamin anti-stress" , pantothenic acid memainkan peranan dalam pengeluaran hormon adrenal dan pembentukan antibodi, membantu dalam penggunaan vitamin, dan menolong menukarkan lemak, karbohidrat dan protin kepada tenaga. Ia diperlukan oleh semua sel dalam badan dan tetumpu dalam organ badan. Ia juga terlibat dalam pengeluaran "neurotransmitters". Vitamin ini adalah elemen perlu koenzim A, bahan kimia badan penting yang terlibat dalam kebanyakkan fungsi metabolisme. Pantothenic acid juga ialah penambah stamina dan mencegah sesetengah bentuk anemia. Ia diperlukan untuk salur perut-usus berfungsi dengan normal dan boleh menolong dalam merawat tekanan dan rasa cemas (anxiety).
Vitamin B5 banyak terlibat dalam reaksi enzimatik di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan vitamin B5 berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak. Peranan lain vitamin ini adalah juga membantu sintesa acetylcholine, kimia otak yang berperan dalam transmisi sinyal listrik antar sel-sel saraf otak. B5 juga penting bagi aktifitas kelenjar adrenal, terutama dalam proses pembentukan hormon pengendali stres dan gangguan emosi lain, sehingga dikenal sebagai vitamin anti stres. Vitamin B5 juga diperlukan dalam proses pembentukan sistem kekebalan tubuh, terutama menjaga kesehatan saraf otak.

Penggunaan :
Suplemen B5 dapat digunakan untuk menanggulangi berbagai macam gangguan stres akibat migren, sindrom lesu kronis atau upaya menghentikan rokok, atau berbagai masalah yang ditimbulkan oleh stres. Penanganan alergi sakit kepala,arthritis, psoriasis, insomnia asma dan sejumlah penyakit infeksi juga lebih efektif jika melibatkan vitamin ini. Vitamin B5 juga perlu untuk mereka yang sering mengalami bruxisma (menggeretakkan gigi ketika sedang tidur terutama malam hari) dan berbagai gangguan yang berhubungan dengan saraf otak seperti neuritis, epilepsy dan penyempitan pembuluh darah otak.

Sumber :
Ikan unggas, kuning telur, hati, serealia alami (wholegrains), Yogurt, keju kacang-kacangan dan polong-polong kering, ubi kacang polong segar, kembang kol, pisang jeruk dan alpokat adalah sumber makanan vitamin B5. Selain dari makanan, vitamin ini juga diproduksi oleh bakteri sehat lactobacillin yang hidup dalam saluran usus manusia.

Kekurangan
Kekurangan vitamin B5 dapat menyebabkan:
·         Letih
·         Sakit kepala
·         Muntah
·         Sakit abdomen
·         Kesemutan pada kaki
·         Kejang otot
·         Kulit bersisik dan pecah-pecah
·         Gangguan saluran pernafasan
·         Insomnia
·         Jerawat
·         Hambatan pertumbuhan
·         Hipoglikemia
·         Berbagai jenis alergi
Sebaliknya dampak samping/ keracunan akibat kelebihan B5 hampir tidak ada. Selama ini B5 diketahui termasuk vitamin yang paling aman. Namun dari sejumlah percobaan pemakaian B5 dosis tinggi sebagian orang mengalami diare dan kekeruhan pada permukaan gigi. Hal ini bisa saja terjadi, karena mengkonsumsi B5 dosis tinggi tanpa disertai vitamin B lainnya dapat menimbulkan gangguan keseimbangan metabolisme.

0 komentar:

Posting Komentar