google3394c6c8fadba720.html Vitamin B3 (Niasin) ~ KUNCUP BIO
SELAMAT DATANG DI TAUFIK ARDIYANTO'S BLOG

Minggu, 11 Maret 2012

Vitamin B3 (Niasin)


Vitamin B3 Niasin merupakan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, dan merupakan 1 dari 8 macam Vitamin B. Hampir semua jenis Vitamin B dapat membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi gula atau glukosa, yang dapat dibakar menjadi energi. Dikenal juga sebagai Vitamin B Kompleks, B3 Niasin diperlukan dalam membantu tubuh memecah protein dan lemak.
Vitamin B Kompleks memainkan peranan penting dalam memelihara gerakan otot pada saluran pencernaan, bersama dengan kesehatan kulit, sistem syaraf, hati, mata, rambut, dan mulut. Walaupun banyak orang mengasosiasikan aspek dari otot dengan gerakan otot, Vitamin B3 Niasin juga sama pentingnya dan bahkan lebih.
B3 Niasin juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh. Vitamin ini dapat membantu tubuh memproduksi hormon seks dan stress dalam kelenjar adrenal yang saling berhubungan terhadap bagian tubuh yang lain. Bermanfaat juga untuk orang yang menderita disfungsi seksual dan merupakan kabar gembira bagi Anda yang mempunyai masalah untuk memuaskan pasangan.
B3 Niasin sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Walaupun Vitamin B3 Niasin merupakan suplemen tunggal yang hebat, tetap harus dikonsumsi dengan makanan yang mengandung protein karena tubuh kita dapat mengubah asam amino atau tryptophan menjadi Niasin.
Dosis B3 Niasin yang tinggi (dimana hanya bisa didapat melalui resep dokter) telah terbukti untuk mencegah dan memperbaiki berbagai macam gejala dan penyakit. Dikarenakan tingkat resiko keracunan yang tinggi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi dosis B3 Niasin yang lebih tinggi.
Terdapat produk perawatan kulit Niasin yang tengah dikembangkan, dimana mengandung bahan anti penuaan untuk membantu mengobati jerawat dan mencegah kanker kulit. Banyak pakar kesehatan kulit menyatakan bahwa produk ini akan menjadi sangat populer beberapa tahun ke depan, walaupun sekarang masih dalam tahap pengembangan karena riset telah membuktikan bahwa produk ini sangat efektif dibandingkan dengan produk yang lain.
Sumber terbaik untuk vitamin B3 Niasin adalah daging sapi, daging babi, kalkun, bit, anak lembu, ikan, ayam, salmon, tuna, dan kacang. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung B3 Niasin, yang dapat memberikan tubuh Anda kebutuhan Niasin yang diperlukan.
Vitamin ini sangat penting, ia memberikan  efek yang lebih bagi tubuh dibandingkan yang anda kira. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Niasin atau mengkonsumsi suplemennya, maka kebutuhan Vitamin B harian Anda akan terpenuhi.(Anonim1, 2010)

Kebutuhan
RDA untuk niacin adalah 6,6 mg NE (niacin equivalents)/ 1000 kkal, atau 13 mg perhari. NE merupakan jumlah niasin yang diperoleh dalam makanan, termasuk niacin yang secara teori dibuat dari prekusor asam amino triptophan. 60 mg triptophan dapat menghasilkan 1 mg niacin.

Sumber utama
Daging, unggas (ayam, itik dll) dan ikan merupakan sumber utama niasin, sama halnya roti dan sereal (biji-bijian) yang telah diperkaya. Jamur, asparagus dan sayuran hijau merupakan sumber yang paling baik.

Fungsi
Dua koenzim yang dibentuk oleh niacin, NAD dan NADP dibutuhkan untuk beberapa aktivitas metabolis, terutama metabolisme glukosa, lemak dan alkohol. Niasin memiliki keunikan diantara vitamin B karena tubuh dapat membentuknya dari asam amino triptophan. Niasin membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan.

Gejala kekurangan
Pellagra (penyakit kekurangan niacin), menunjukkan gejala seperti dermatitis, diare dan dementia. Hal ini meluas di bagian selatan US pada awal 1900. Gejala kekurangan niacin lainnya adalah kehilangan nafsu makan, lemah, pusing dan kebingungan mental. Kulit dapat menunjukkan gejala dermatitis simetrik bilateral, khususnya pada daerah yang terkena sinar matahari langsung.

Keracunan
Niasin dalam jumlah yang besar dapat menjadi racun pada sistem syaraf, lemak darah dan gula darah. Gejala ± gejala seperti muntah, lidah membengkak dan pingsan dapat terjadi. Lebih lanjut, hal ini dapat berpengaruh pada fungsi hati dan dapat mengakibatkan tekanan darah rendah.

0 komentar:

Posting Komentar