google3394c6c8fadba720.html Bagaimana sumbangan glikolisis bagi keberlangsungan hidup sel? ~ KUNCUP BIO
SELAMAT DATANG DI TAUFIK ARDIYANTO'S BLOG

Jumat, 29 Oktober 2010

Bagaimana sumbangan glikolisis bagi keberlangsungan hidup sel?

Nah lho saya ada sebuah pertanyaan, siapa yang tahu apa jawabanya. simpel aja si sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini, tetapi kita harus mengerti dahulu dasar dasar dari proses metabolisme tubuh kita.

Dalam glikolisis yang terjadi di dalam sitoplasma terjadi dengan berbagai enzim khusus untuk memecah subtrat ini. Semua enzim yang berperan dalam glikolisis ini merupakan protein-protein yang dapat larut dan telah berhasil diisolasi dan dikristalisasi, glikolisis terjadi di dalam sitoplasma, reaksi glikolisis menghasilkan 2 molekul ATP untuk aktivitas-aktivitas sel dan juga 2 molekul NAD+ tereduksi yang pada akhirnya dapat menghasilkan ATP tambahan. Glikolisis adalah serangkaian reaksi dimana glukosa dioksidasi menjadi molekul asam piruvat. Glikolisis adalah salah satu proses metabolisme yang paling universal yang kita kenal, dan terjadi (dengan berbagai variasi) di banyak jenis sel dalam hampir seluruh bentuk organisme. Proses glikolisis sendiri menghasilkan lebih sedikit energi per molekul glukosa dibandingkan dengan oksidasi aerobik yang sempurna. Energi yang dihasilkan disimpan dalam senyawa organik berupa adenosine triphosphate atau yang lebih umum dikenal dengan istilah ATP dan NADH. Hasil dari glikolisis adalah asam piruvat yang merupakan produk utama dalam proses siklus krebs. Dalam glikolisis akan menghasilkan 2 ATP, 2 NADH, dan 2 piruvat. ATP merupakan sumber energi utama dalam sel, NADH juga merupakan bentuk energi yang bila dipakai  setara dengan 3 ATP. Sedangkan piruvat akan dipecah kembali pada proses siklus krebs yang sebelumnya di ubah dahulu menjadi asetil ko-A dalam reaksi antara.

Dari gambar ini saja telah di gambarkan bahwa pada proses glikolisis menghasilkan 2 NADH. Serta 2 piruvat dan 4 ATP. Dengan reaksi yang sangat rumit dengan membutuhkan enzim khusus.Jadi glikolisis adalah proses pertama dalam pembentukan energi sel yang terjadi di dalam sitoplasma. ATP pada hasil glikolisis sudah dapat langsung digunakan, sedangkan NADH perlu masuk kedalam transfer elektron, dan piruvat dirombak lagi menjadi asetil ko-A dan masuk ke siklus krebs untuk mendapatkan energi kembali. Glikolisis merupakan suatu jalur yang membebaskan sejumlah energi yang terkunci di dalam molekul glukosa awal.
adapun diagram dari glikolisis adalah sebagai berikut:

semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar