google3394c6c8fadba720.html Cabang Ilmu Ekologi ~ KUNCUP BIO
SELAMAT DATANG DI TAUFIK ARDIYANTO'S BLOG

Sabtu, 03 September 2011

Cabang Ilmu Ekologi


Ekologi: ilmu yang mempelajari interaksi antara makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya; ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan kondisi lingkungannya.

Ekologi antariksa: cabang ilmu ekologi yang mempelajari tentang pengembangan suatu ekosistem yang dapat melakukan regenerasi secara keseluruhan atau sebagian dengan tujuan untuk menopang kehidupan manusia selama penerbangan antariksa.

Ekologi bahasa: penyelidikan tentang interaksi antara bahasa dan lingkungannya, seperti yang terdapat dalam etnolinguistik dan sosiolinguistik.

Ekologi ekosistem: cabang ekologi yang berhubungan dengan analisa ekosistem jika dipandang dari sudut struktural dan fungsional.

Ekologi habitat: cabang ilmu ekologi yang lebih menitik berat pembahasannya pada sifat dari suatu habitat.

Ekologi hewan: cabang ilmu ekologi yang membahas tentang hewan sebagai organisme hidup dan mengabaikan tumbuhan dan manusia.

Ekologi manusia: cabang ilmu ekologi yang membahas tentang keadaan lingkungan yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Ekologi pelestarian: cabang ekologi yang berkaitan dengan pengelolaan wajar dari sumber daya alam, misal, air, tanah, dan laut untuk kesejahteraan manusia.

 
Ekologi populasi: cabang ekologi yang menitikberatkan hubungan antara kelompok makhluk, jumlah individu, dan faktor penentuan besar populasi dan penyebarannya.

Ekologi produksi: cabang ekologi yang berhubungan dengan produksi kasar dan produksi bersih berbagai macam ekosistem sehingga pengelolaan yang sewajarnya dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimum.

Ekologi pubakala: cabang ekologi yang berhubungan dengan makhluk purbakala dan membantu melacak lubang-lubang garis evolusi dan asal-usul (tempat dan waktu) kelompok tumbuhan dan hewan.

Ekologi radiasi: cabang ekologi yang berhubungan dengan bahan radioaktif, radiasi, dan lingkungan.

Ekologi serangga: cabang ilmu ekologi tentang hubungan antara kehidupan serangga dan lingkungannya.

Ekologi sosial: cabang ilmu ekologi yang membahas tentang hubungan penduduk dengan lingkungan alam, teknologi, dan masyarakat manusia.

Ekologi taksonomi: cabang ilmu ekologi menurut golongan taksonomi, misal ekologi serangga dan ekologi mikrob.

Ekologi tumbuhan: cabang ilmu ekologi yang membahas tentang tumbuhan sebagai organisme hidup dan mengabaikan hewan dan manusia.

Ekologi tumbuhan pengganggu: cabang ilmu ekologi yang membahas tentang hubungan timbal balik antara tumbuhan pengganggu dengan lingkungannya.


1 komentar:

Harusnya setiap posting diberi DAFTAR PUSAKA agar lebih mendukung. Diatas tulisannya dari berbagai sumber buku; lha bukunya siapa?????

hanya masukkan..makasi

Posting Komentar